Spesifikasi motor listrik Yamaha

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha, Fitur-fitur yang Menggiurkan!

Mochamad Ikhwana

Naiknya harga BBM tak ayal membuat masyarakat mulai melirik kendaraan yang menggunakan listrik. Tidak terkecuali juga untuk kendaraan roda dua, karenanya motor listrik Yamaha mulai banyak yang mempertanyakan. Ketahui spesifikasi motor listrik Yamaha berikut ini.

Kali ini, motor listrik yang akan Techsbright bahas adalah keluaran dari Yamaha. Bukan tanpa alasan, kendaraan listrik roda dua E01 milik Yamaha pernah tampil pada pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS yang panitia selenggarakan pada bulan April 2022 lalu.

Jenis-jenis Motor Listrik Yamaha dan Spesifikasinya

Bagi Anda yang mulai tertarik dengan motor listrik, maka wajib untuk menyimak ulasan ini hingga tuntas. Karena spesifikasi merupakan hal utama yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih sebuah motor.

Adapun motor listrik Yamaha terbaru kita ketahui telah pabrik produksi sebanyak empat buah. Pengguna dapat memilih jenis motor sesuai dengan yang mereka inginkan. Namun sebelumnya ada baiknya ketahui terlebih dahulu spesifikasi motor listrik Yamaha itu sendiri.

1.      Yamaha E01

Spesifikasi motor listrik Yamaha yang pertama adalah jenis E01. Seperti yang kita ketahui, Indonesia International Motor Show atau IIMS pernah memamerkan motor ini.

Jika kita lihat dari dimensinya, panjang dari motor listrik Yamaha E01 ini diyakini mirip dengan Nmax. Panjang dari Nmax adalah 1.935 mm, sedangkan Yamaha E01 panjangnya 1.930 mm. Oleh karena itu, terdapat kesamaan pada posisi berkendara dari kedua motor ini.

Yamaha E01 memiliki desain dengan jok yang lumayan rendah, yaitu 755 mm. Dengan demikian, posisi pengendara makin nyaman tanpa jinjit karena kaki masih dapat menjangkau permukaan jalan.

Pada bagian jok, terdapat bagasi dengan kapasitas 23 liter sehingga dapat pengguna manfaatkan sebagai tempat penyimpanan helm. Berikut ini merupakan spesifikasi motor listrik Yamaha E01 secara detail yang wajib Anda ketahui:

Menggunakan Baterai Lithium Ion

Yamaha E01 ini menggunakan baterai lithium ion 4,9 KWH yang dapat kita samakan dengan tenaga maksimal 8,1 KW pada 5.000 rpm. Sedangkan torsi 30,2 Nm pada 1.950 rpm.

Banyak yang meyakini bahwa jarak tempuh dari Yamaha E01 ini dapat mencapai hingga 130 km, perhitungan dilakukan dengan metode WTMC kelas 1 untuk Eropa.

Memiliki Tiga Mode Berkendara

Yamaha E01 memiliki tiga mode berkendara, antara lain mode Power, Standard serta Eco. Pada mode Power, tenaga mencapai 8,1 KW (5.000 rpm) dengan torsi 30,2 Nm (1.950 rpm), kecepatan maksimal 100 km/jam.

Untuk mode Standard, tenaga 8,1 KW (5.000 rpm), torsi 24,5 Nm (1.500 rpm), kecepatan maksimal 100 km/jam. Sedangkan untuk mode Eco, tenaga 5,4 KW (4.500 rpm), torsi 21,4 Nm (1.500 rpm), kecepatan maksimal 60 km/jam.

Pengisian daya baterai Yamaha E01 memiliki tiga level tingkatan. Dengan pengisian daya cepat, baterai akan terisi sampai 90% dalam waktu 1 jam. Instalasi pengisian daya ini bisa pengguna dapatkan pada dealer resmi ataupun di perusahaan yang menyediakan pengisian baterai.

Sedangkan normal charger yang dapat pengguna lakukan dengan sumber daya listrik 200-240V, baterai terisi hingga 100% dalam waktu 5 jam. Normal charger ini dapat pengguna lakukan di rumah tinggal.

Level selanjutnya pengisian daya menggunakan portable charger dengan sumber listrik 100-240V. Pengisian baterai hingga mencapai 100% membutuhkan waktu yang lama sampai 14 jam. Portable charger ini dapat Anda lakukan di mana saja, misalnya rumah, kantor, dan lainnya.

Pada website resminya, Yamaha Global menyebutkan bahwa motor listrik E01 ini sejajar dengan kendaraan roda dua lainnya yang menggunakan mesin 125 cc.

Ada beberapa motor sejenis dari merek lainnya yang bisa kita bilang menjadi pesaing Yamaha E01. Misalnya saja Benelli Zafferano 250, Piaggio Medley, SYM Joyride 200i, Vespa LX dan Peugeot Django 150.

Dengan penggabungan teknologi skuter dan EV menjadikan Yamaha E01 makin praktis Anda gunakan sehari-hari. Merupakan tipe Air-cooled Brushless Motor, Yamaha E01 dapat Anda gunakan mengangkut beban dua orang.

Motor bebas polusi ini lengkap dengan beberapa fitur teknologi yang canggih, seperti penerangan full LED, panel meter digital, reverse mode, ABS 2-channel, Y-connect, power modes, Traction Control System dan sebagainya.

2.      Yamaha E02           

Motor listrik lainnya yang akan Yamaha keluarkan selanjutnya adalah E02. Merupakan adik dari Yamaha E01. Rangkaiannya ringan lengkap menggunakan baterai yang bisa dilepas. Desain bodi E02 dibuat mirip dengan Yamaha Fazzio.

Spesifikasi motor listrik Yamaha E02 sebagai berikut:

Performa yang Yamaha E02 miliki setara dengan skuter 50cc karena baterainya hanya berdaya 2,5 KW. Jenis baterai yang motor ini gunakan adalah lithium-ion dengan waktu pengisian 8 jam dari 0-100%.

Dengan demikian, tenaga yang dapat Yamaha E02 hasilkan mencapai 15 hp, sementara kecepatan maksimalnya 90 km/jam. Kabarnya, Yamaha E02 dapat memiliki nilai harga yang lumayan terjangkau yaitu Rp 16 juta saja. Memiliki kemiripan dengan harga Yamaha Mio.

3.      Yamaha e-Vino

Jenis motor listrik yang satu ini desain bodinya mirip dengan Yamaha Vino. Sehingga disebut-sebut sebagai kembaran Yamaha Vino. Simak ulasan terkait spesifikasi motor listrik Yamaha e-Vino di bawah ini:

Yamaha e-Vino dirangkai menggunakan baterai lithium ion dengan daya 50 Volt. Kecepatan maksimal yang dapat dihasilkan hingga mencapai 44 km/jam, dengan jarak tempuh mencapai 33 km.

Motor yang memiliki bobot ringan 66 kg ini produsen buat dengan 2 pilihan warna. Sedangkan untuk mengisi daya membutuhkan waktu 3 jam. Menurut kabar, motor listrik ini akan rilis 30 September 2022 dengan harga sekitar Rp 34 jutaan.

4.      Yamaha EMF

Yamaha EMF atau Electro Motive Fighter ini pernah tampil pada Tokyo Motor Show 2019 yang lalu. Sebagai motor yang menggunakan mesin listrik full baterai, karena desainnya tersebut banyak yang mengklaim mirip robot. Ketahui spesifikasi motor listrik Yamaha EMF berikut ini:

Kelebihan yang Yamaha EMF miliki terletak pada panel speedometer dengan fitur canggihnya dapat terkoneksi di smartphone. Kapiler radial 4 piston, smartkey menggunakan kartu NFC, serta double rear suspension.

Selain itu, Yamaha EMF sudah mempunyai baterai Gogoro yang dapat pengguna tukarkan di perusahaan yang melayani pengisian khusus. Mesin full listrik yang Yamaha EMF miliki  ini dapat menghasilkan tenaga hingga 10,3 ps dan torsi puncak 26 Nm.

Menariknya, motor listrik ini bisa berakselerasi dari kecepatan 0 sampai 50 km/jam dalam waktu 3,5 detik saja! Harga motor Yamaha EMF ini di Taiwan kabarnya mencapai $99.800 NTD atau setara dengan Rp 51 juta.

Kesimpulan

Demikian ulasan singkat tentang spesifikasi motor listrik Yamaha dari berbagai jenis. Setelah menyimak spesifikasinya, Anda tentu mulai dapat memahami kelebihan ataupun kekurangan yang masing-masing jenis miliki tersebut.

Oleh karena itu, makin mudah untuk menentukan pilihan sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Tentunya Anda mulai dapat menyiapkan budget juga sebagai persiapan dana sebelum motor listrik Yamaha tersebut resmi rilis di Indonesia.

Spesifikasi motor listrik Yamaha ini diambil dari berbagai sumber yang sangat terpercaya, sehingga tidak diragukan lagi untuk Anda jadikan sebagai referensi pilihan ke depannya. Tentukan pilihan dengan mudah antara tipe E01, E02, e-Vino ataupun Yamaha EMF.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment